Jumat, 29 April 2011

Yaris Juara Nasional Djarum Black Slalom 2009

new yaris trd
Toyota Yaris telah terbukti merupakan mobil bertenaga dan lincah yang sangat kompetitif di arena slalom. Terbukti dengan diraihnya Juara Nasional Djarum Black Slalom 2009 oleh Toyota Team Indonesia dengan Yarisnya. Seperti kita tahu, slalom adalah cabang olah raga otomotif yang menuntut kecepatan dan kesigapan mobil meliuk di antara kun.
Nah, buat kamu yang tertarik untuk ikutan slalom dengan Yaris, berikut ini ada beberapa teknik dasar dan trik modifikasi yang bisa dipelajari.

PERSIAPAN MOBIL
Tidak banyak yang harus dilakukan pada mobil slalom. Paling utama adalah memakai suspensi lebih kaku dan membuat rem tangan lebih pakem. Sistem ABS juga bisa dinonaktifkan untuk memudahkan rem belakang mengunci.

U-TURN
Ini istilah keren untuk gerakan berputar balik. Begitu mendekati kun dari kecepatan tinggi rem-lah mobil dengan kencang tanpa membuatnya mengunci. Tujuan pengereman ini ada dua, yaitu untuk memperlambat mobil dan menundukkan bagian depan supaya ban depan lebih mencengkeram. Tempatkan tangan kanan di posisi setir jam 9 jika ingin belok kanan, dan di jam 3 bila hendak belok kiri.
Sesaat sebelum membelok, masukkan persneling ke gigi 1 dan mulailah membelokkan mobil di dekat kun pada kecepatan sekitar 30 km/jam bersamaan dengan melepas pedal rem. Saat setir belok, tariklah rem tangan dan seketika bagian belakang mobil akan membuang.
Pada momen ini, jangan sekali-kali menginjak kopling supaya tak lepas kendali. Begitu mobil mencapai arah yang diinginkan, lepaskanlah rem tangan dan injak gas secara gradual serta melepas injakan kaki kiri dari rem.

ZIG-ZAG
Kunci utama dari zig-zag adalah menentukan kecepatan paling optimal. Bila terlalu cepat, maka akan terjadi gejala understeer yang merugikan waktu. Anda berada di kecepatan optimal bila ada sedikit bunyi mendecit dari ban tanpa kehilangan kendali.
Melajulah di kecepatan optimal itu dan membeloklah zig-zag dengan ritme dan jalur yang konstan. Bila terlalu cepat atau lambat, mainkanlah pedal gas secara gradual dan halus. Setiap pergerakan mendadak akan membuat ritme zig-zag hilang.

REVERSE SLIDE
Gerakan ini sangat indah disaksikan, yaitu mobil mundur dan seketika berbalik arah dan langsung maju. Untuk melatih gerakan ini, Anda harus memastikan area belakang, samping kiri dan samping kanan mobil Anda bebas dari halangan apapun.
Begitu siap, masukkan gigi mundur dan injaklah gas penuh sambil menjaga setir tetap lurus dengan posisi tangan kanan di jam 9 setir. Saat putaran mesin mencapai 4.000 rpm, putar setir searah jarum jam dengan cepat hingga tangan berada di posisi jam 3. Gas tetap diinjak dengan yakin.
Disinilah mengapa kami merekomendasikan Toyota Yaris untuk slalom, keunggulan Mesin 1 -NZ FE VVT-inya yang responsif dan tenaga yang tinggi sangat mendukung dalam memproduksi tenaga yang dibutuhkan untuk momentumnya.
Di momen ini bagian depan akan langsung bergeser. Begitu sudah 90 derajat bergeser, segera luruskan setir ditandai dengan tangan Anda berada di posisi jam 12. Selanjutnya lepas injakan gas, injak kopling dan gunakan tangan kiri untuk memasukkan transmisi ke gigi 1.
Tahan setir tetap lurus, dan begitu mobil telah balik arah sempurna barulah lepaskan kopling dan injak gas untuk melajukan mobil ke depan.
Sekali lagi, manuver ini cukup sulit dan membutuhkan latihan banyak. Oleh karena itu pastikan Anda melakukannya di lintasan tertutup dan tanpa halangan apapun di sekitarnya.

Tiga Mobil Hijau Toyota Masuk Pasar 2012

 
Sekalipun belum usai menuntaskan persoalan recall, Toyota tetap menjalankan programnya, terutama untuk kendaraan hijau yang punya reputasi hebat sebagai pemimpin pasar dunia saat itu. 

 


Untuk memantapkan posisi, pabrikan mobil terbesar di dunia itu sudah menyiapkan tiga model mobil ramah lingkungan. Pada 2012, semua kendaraan ini sudah ada di dealer-dealer.
Menurut sumber dari dalam, dari ketiga model tersebut, satu di antaranya kendaraan listrik yang merupakan plug-in dari versi Prius hybrid, sedangkan dua lagi varian lain dari Prius.
Kendati tidak dipaparkan detailnya, dari dua itu digosipkan Alpha Prius versi multi purpose vehicle (MPV) yang lebih populer untuk keluarga.
Satunya lagi disebut BEV. Bocorannya, platform-nya diambil dari Toyota IQ atau Scion IQ. Toyota sendiri sudah memperkenalkan versi listriknya di Detroit Auto Show tahun lalu.
CEO Toyota Akio Toyoda dilaporkan telah mengonfirmasikan bahwa mobil-mobil baru tersebut sudah menjalani pengujian. Kemasan baterainya konon disuplai dari Tesla (meski Toyota saat ini sudah bekerja sama dengan Panasonic).

Cara Toyota Membuat Prius Generasi Mendatang Semakin Irit

KOMPAS.com/Zulkifli BJ
Prius dengan mesin bensin 1,8 liter dengan siklus Atkinson
 

Pada awal April ini, dalam sebuah Simposium Motor Bakar Efisiesi Tinggi yang diselenggarakan oleh Society of Automotive Engineering (SAE) di Detroit, Koichi Nakata dari Toyota mengatakan bahwa perusahaannya  akan mengekplorasi segala cara untuk membuat Prius yang akan datang semakin irit. Lebih lanjut dijelaskan, target Toyota adalah mengembangkan mesin bensin Prius dengan efisiensi termal sampai 45 persen.  
Mesin bensin yang digunakan Prius generasi ke-2 efisiensi termalnya sekitar 37 persen dan untuk generasi ke-3 menggunakan mesin 1,8 liter dengan efisiensi termal 38 persen.
Untuk  mencapai hal tersebut, Toyota kini fokus pada dua konsep. Konsep pertama, mendinginkan Exhaust Gas Recircualation (EGR), menggunakan injeksi langsung dan mesin dengan langkah panjang. Langkah panjang, menurut Toyota bisa mengurangi kerugian panas, meningkatkan  kecepatan piston dan menciptakan turbelensi  ruang bakar yang lebih baik. Hasilnya  pembakaran bisa ditingkatkan.
Konsep kedua, menggunakan turbocharger dan mendesain mesin dengan pembakaran kurus. Saat ini, seperti dijelaskan Nakata, tim riset mesin sudah mencapai efisiensi termal 42,4 persen dengan konsep pertama dan 43,7 persen dengan menggunakan turbocharger dan desain mesin dengan pembakaran kurus atau konsep kedua.
Berdasarkan hasil tersebut, diperkirakan, mesin bensin Prius generasi mendatang kemungkinan besar dilengkapi dengan turbocharger!

Irit BBM ala Goodyear

Kenaikan harga bahan bakar dan rencana pembatasan BBM bersubsidi membuat banyak pengguna kendaraan, baik roda dua maupun empat, pusing. Bagaimana tidak? Sebab, kendaraan menjadi sarana utama dalam menjalankan tugas keseharian. Di sini, masyarakat harus bisa menyiasati untuk mengirit BBM.
Kegelisahan masyarakat itu coba ditangkap oleh Goodyear Indonesia (GI). Perusahaan ban di Indonesia mencoba untuk memberi solusi melalui ajang kompetisi video bertajuk "Goodyear Creativideo".
Peserta membuat rekaman video pendek tentang berkendara yang benar dan hemat BBM. "Alih-alih menghadapi isu kenaikan BBM dengan pesimis, kami ingin mengajak masyarakat untuk sama-sama memandang kenaikan BBM ini sebagai tantangan yang harus dihadapi dengan pola pikir baru," kata Fenty Berliana, GM Marketing Goodyear Indonesia, dalam press briefing di Plaza Indonesia, Kamis (28/4/2011).
Kompetisinya dimulai 10 Mei hingga 15 Juni 2011. Hasil karya dikirim melalui situs jejaring sosial Facebook. Dari semua video yang masuk, akan dipilih 15 finalis oleh dewan juri dan akan ditentukan empat pemenang. "Untuk itu, kami mengajak khalayak, terutama kaum muda yang penuh dengan ide-ide segar, untuk berbagi konsep orisinal tentang bagaimana cara menghemat BBM, sekaligus menampung aspirasi mereka," tambah Fenty.
Para juri terdiri dari berbagai kalangan, yakni Joko Anwar (sutradara), Rashid Sidek (Founder RoundTable Communication dan praktisi komunikasi), Fenty Berliana (GM Marketing Goodyear Indonesia), dan Charly Himawan (Pemimpin Redaksi Majalah Cinemags). Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai, iPad, serta beasiswa kursus "Short Film Production" dari International Design School.

Laba Astra Sektor Otomotif Tumbuh 28 Persen

PT Astra International Tbk (Astra Grup) mencatatkan kenaikan 28 persen pertumbuhan laba bersih perusahaan menjadi Rp 2,1 triliun pada kuartal I-2011. Meski meningkat, Astra dihadapkan kekurangan pasokan dari Jepang (akibat bencana dan gempa) yang berpotensi menurunkan kinerja sektor otomotif.Berdasarkan laporan keuangan yang belum diaudit, Januari-Maret 2011, pendapatan bersih perseroan mencapai Rp 38,693 triliun, naik 30 persen dari periode yang sama tahun lalu Rp 29,688 triliun. Laba usaha juga terdongkrak 34 persen jadi Rp 4,340 triliun dari sebelumnya Rp 3,247 triliun. Total laba bersih Grup Astra tercatat Rp 4,303 triliun, naik 43 persen dari Rp 3,014 triliun dan laba bersih per saham naik 43 persen menjadi Rp 1.063 dari Rp 744.
"Kami berharap bahwa kondisi tersebut (bencana di Jepang) bersifat sementara dan dapat normal kembali dalam waktu yang tidak lama. Kondisi perekonomian Indonesia yang kondusif, termasuk inflasi yang relatif stabil, meningkatnya harga komoditas dan kemudahan pembiayaan konsumen dengan suku bunga yang menarik, mendukung penguatan kinerja Grup Astra pada kuartal I-2011," ujar Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (28/4/2011).
Total penjualan mobil pada kuartal I-2011 sekitar 225.000 unit, naik 30 persen dan porsi Grup Astra (dengan merek: Toyota, Daihatsu, Isuzu, Peugeot, dan UD Trucks) naik 27 persen jadi 125.000 unit. Angka penjualan ini menunjukkan penurunan pangsa pasar menjadi cuma 56 persen dibandingkan periode yang sama 2010 mencapai 57 persen.
Untuk segmen sepeda motor, dari pasar sekitar 2 juta unit (naik 20 persen) pangsa PT Astra Honda Motor (anak perusahaan Astra) tercatat 50 persen naik dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 45 persen. Prestasi ini diperoleh dari peningkatan penjualan 32 persen jadi 990.000 unit.
Selama tiga bulan pertama, Grup Astra meluncurkan beberapa model kendaraan facelift, yakni Isuzu Elf, Honda CBR 250R, Revo, Fit, dan Honda New Supra X. Untuk komponen, melalui PT Astra Otoparts Tbk (AOP) mengalami penurunan laba bersih 7 persen menjadi Rp 259 miliar karena margin operasional yang sedikit menurun dibandingkan periode yang sama tahun 2010.
"Kami berharap kondisi perekonomian nasional dan global tahun ini akan terus membaik seiring dengan harapan kian pulihnya ekonomi dunia, meski beberapa tantangan harus terus diantisipasi, seperti kenaikan harga bahan bakar minyak dunia," kata Prijono.

bengkel Auto 2000 Jayakarta

Selasa, 19 April 2011

Pabrikan Otomotif Tunggu Kepastian Regulasi Mobil Murah

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Budi Darmadi mengatakan, regulasi program mobil murah dan ramah lingkungan terus dibicarakan antar kementerian.
‘’Target tahun 2012 mudah-mudahan tercapai,’’ ucapnya di Jakarta, Selasa (19/4). Target ini menurutnya disesuaikan dengan regulasi, sehingga saat nantinya regulasi selesai dibuat, kendaraan pun siap diproduksi.
Hanya saja regulasi ini menurutnya akan dikeluarkan sejalan dengan kesiapan masing-masing merek. Dalam penyusunannya, menurut Budi, setiap pasal dibuat berdasarkan negosiasi antara prinsipal dan pemerintah.
Budi menyatakan beberapa produsen besar yang menjadi prinsipal, seperti Toyota, Daihatsu, Suzuki dan Nissan hingga kini tetap mendukung dan menunggu realisasi program itu.
Hal ini dibenarkan Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra yang mengatakan pihaknya masih menunggu realisasi program tersebut. Hingga kini menurutnya belum ada pembicaraan dengan Pemerintah, hanya saja Daihatsu menurutnya akan siap memproduksi mobil murah sesuai dengan ketentuan yang akan dibuat Pemerintah. ‘’daihatsu siap,’’ ucapnya.
Ia menambahkan di Jepang sendiri, Daihatsu terkenal sebagai pembuat mobil kecil. Mulai dari  1.200 cc, 1000 cc bahkan 600 cc pun bisa dibuat. Hanya saja ini semua baru bisa terealisasi hingga aturannya ada.
Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Bidang Marketing / Komunikasi prinsipal kendaraan lokal Asia Nusa Dewa Yuniardi. Hingga kini menurutnya pihaknya belum tahu kapan aturan tersebut akan ditelurkan Pemerintah. Selain itu Pemerintah juga belum memberi sinyal kapan aturan itu akan keluar.
Hanya ia yakin aturan ini sedang digodok Pemerintah dan ia mendengar sebentar lagi akan selesai. Pihaknya sendiri menyatakan soal mobil lokal, mereka punya Gea dan Tawon. Untuk harga jual menurutnya untuk Tawon adalah  sekitar Rp 42 juta untuk tipe pick-up, sedangkan Rp 48 juta untuk city car.
Soal persaingan, ia sendiri tidak keberatan jika prinsipalk Jepang juga akan memproduksi mobil murah. Di sisi lain, Ketua Asia Nusa Ibnu Susilo menambahkan, pihaknya belum mengetahui apakah ada perbedaan pemberlakuan keringanan pajak terkait program mobil murah untuk mobil lokal dan Jepang. Namun, kata dia, keringanan pajak akan menekan harga mobil sehingga menjadi lebih murah.
Ia sendiri mengaku belum mengetahui apakah ada treatment khusus bagi kendaraan lokal. Kalaupun melalui subsidi menurutnya akan lebih baik di area pajak perusahaan dan pembelian untuk menekan harga jual.

Ibnu menuturkan, Asia Nusa terdiri dari delapan prinsipal. Dimana, kata dia, semua pemiliknya adalah berasal dari lokal.  ''Ownernya semua lokal dan yang pasti punya brand, pabrik, desain , dan analisis sendiri,'' ucapnya.

Tips Memilih Kendaraan Keluarga

 Brother, guw punya tipz neh wat lo-lo pada yang mw beli mobil, khususnya bli mobil untuk kendaraan keluarga.

Memiliki kendaraan keluarga khususnya yang nyaman dan aman adalah keinginan semua keluarga di Indonesia.
Namun, untuk memilih kendaraan yang ideal dan sesuai dengan kondisi keuangan juga gampang-gampang susah. Karena saat ini, hampir semua produsen kendaraan menawarkan berbagai macam tipe dan harga, mulai dari mobil yang berukuran besar hingga yang hanya muat untuk keluarga berencana (KB).
Diperlukan banyak pertimbangan mulai dari bentuk, luas, harga dan tentunya pertimbangan kenyamanan dan keamanan untuk keluarga dalam memilih kendaraan yang cocok.  Berikut adalah beberapa tips dalam memilih kendaraan keluarga :
Pertama, pilihlah kendaraan yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga, jangan sampai hanya karena gengsi semata.
Kedua, utamakan nilai keamanan (safety first) pada kendaraan tersebut, karena kendaraan yang akan kita pilih merupakan kendaraan keluarga, sehingga penting untuk menanyakan uji keselamatannya, apakah sudah lulus atau belum. Ketiga, cobalah mengeceknya dengan mengendarai (test drive) di jalanan berlubang, apakah guncangannya keras atau tidak. Pilih kendaraan dengan bantingan yang lembut, sehingga cukup nyaman saat melaju di jalan biasa maupun bebas hambatan.
Keempat, pilihlah kendaraan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, irit BBM dan biaya perawatan rendah, sehingga akan menghemat biaya bulanan.
Kelima, cari informasi lokasi servis center kendaraan, apakah banyak tersedia atau tidak. Kemudian tanyakan harga untuk suku cadangnya, karena sudah menjadi rahasia umum, banyak suku cadang murah pada tahap awal namun mahal pada perawatannya.
Keenam, perhatikan kantong udara pengaman (air bag) jika anda memilih sebuah mobil bagi keluarga, dan pastikan semua berfungsi dengan baik.
Ketujuh, perhatikan sabuk pengaman di setiap kursi baik depan, tengah dan belakang dan pastikan apakah dapat diatur untuk anak-anak.
Kedelapan, perhatikan system rem anti lock, apakah dilengkapi dengan system ABS (Anti-lock Braking system) yang dapat mengunci disaat kendaraan tergelincir dan tetap dalan keadaan terkontrol.
Kesembilan, pastikan juga apakah kendaraan dilengkapi dengan safety door dan window locks sehingga dapat memastikan anak-anak selalu aman berada dalam kendaraan setiap saat.

Toyota Klaim Penutupan Pabrik Tak Terelakkan

New York – Toyota mengakui penghentian beberapa produksi di pabrik Amerika Serikat (AS) merupakan hal tak terelakkan. Ini dipicu gempa dan tsunami Jepang 11 Maret lalu.

Bencana itu membuat pasokan onderdil produsen mobil itu menjadi kurang. Juru bicara Toyota AS Mike Goss mengatakan, penutupan ini ‘tak terelakkan’ namun tak mempengaruhi semua pabrik.
“Kejadian ini sangat tak tentu,” ungkapnya.
Beberapa gangguan mungkin muncul namun kapan dan dimananya masih tak diketahui, lanjutnya. Dalam pernyataan terpisah, Toyota mengatakan, kekurangan onderdil ini karena kekurangan listrik pada pabrik di Jepang.
“Kami telah mengkomunikasikan anggota tim, rekan dan dealer bahwa produksi di Amerika Utara terganggu. Masih terlalu dini memprediksi lokasi dan lama waktu gangguannya,” kata perusahaan itu.

Jumat, 15 April 2011

Tawaran Bocoran UN Beredar, Jangan Percaya

Tawaran Bocoran UN Beredar, Jangan Percaya
Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengimbau kepada seluruh orang tua siswa atau peserta Ujian Nasional (Unas) untuk tidak mudah tergoda dengan adanya tawaran bocoran soal Unas.
“Masyarakat khususnya orang tua harus yakin bahwa jangan sampai terjebak pada spekulasi-spekulasi yang menyatakan soal ujian itu bocor. Bahkan, saya juga menerima sms yang berbunyi “Pak ini ada tawaran soal. Kalau jawaban benar 25 persen, harganya sekian juta, kalau benar 50 persen sekian juta”,” ungkap Nuh di sela kunjungan ke percetakan soal Unas di Percetakan Balai Pustaka, Jakarta, Sabtu (9/4).
Jika seandainya nanti di masyarakat atau di lapangan tetap ada dugaan soal bocor, lanjut Nuh, maka bisa diadukan ke pihak Kemdiknas. Pasalnya, mantan Menkominfo ini mengungkapkan, dalam pencetakan soal Unas kali ini pemerintah beserta dengan pengawas dan percetakan telah menaruh sebuah kode rahasia atau kode khusus yang melekat di setiap soal Unas.
“Kalau ada yang menyebarkan laporkan kepada kami. Nanti tinggal melihat kode khusus yang tertera di dalam soal. Dan kode itu adalah kode rahasia yang hanya diketahui oleh Kemdiknas, Pengawas dan Percetakan. Sehingga apakah soal itu berasal dari orang lain dengan bisnis sesaat dan disebarkan seakan-akan bahwa itu bocoran soal, itu akan kami ketahui dengan mudah apakah itu soal Unas asli atau palsu,” paparnya.
Dalam kesempatan ini, Nuh juga ingin mengajak seluruh masyarakat untuk berhenti berburu soal Unas. Menurutnya, orang tua sebaiknya memberikan semangat kepada anak-anaknya untuk lebih giat belajar. “Sudahlah, daripada berburu bocoran soal yang tidak jelas juntrungannya, lebih baik energinya dipakai untuk belajar. Sehingga lebih khusyuk dan lebih konsen,” imbuhnya.


Sabtu, 09 April 2011

Toyota Yaris

 

kalian pasti tau kan mobil Toyota yaris atau di luar negeri bernama vitz?? neh gan klo mw tw info lengkap'a..


Toyota Yaris atau Toyota Vitz adalah mobil hatchback kecil yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation. Yaris dirakit di Thailand yang dijual di pasar Asia. Yaris lahir pertama kali pada tahun 1998 di Eropa dengan desain, performa mesin, dan jaminan keselamatan serta konsumsi bahan bakar yang optimal, untuk memasuki pangsa pasar Eropa. Satu tahun setelah awal peluncurannya, tepatnya pada tahun 2000 Yaris memperoleh penghargaan European Car of The Year Award. Bukan hanya itu saja Yaris juga diakui sebagai standar model kendaraan Compact two box di Jepang dan Amerika Utara.


Generasi Pertama (1999-2005)

Vitz atau Yaris menggantikan Toyota Starlet sebagai hatchback kecil dari Toyota. Mobil konsepnya yang bernama Funtime pertama kali dipamerkan pada pameran mobil di Frankfurt, Jerman pada akhir tahun 1997. Nama Vitz secara resmi hanya digunakan di Jepang. Di Eropa mobil ini dikenal sebagai Yaris, dan di Australia, Selandia Baru, Canada, dan beberapa negara Asia diberi nama Echo Hatchback.
Mesin yang digunakan adalah 1SZ-FE 1000 cc, 2SZ-FE dan 2NZ-FE 1300 cc, atau 1NZ-FE 1500 cc bensin. Mesin diesel 1ND-TV 1400 cc hanya tersedia di Eropa.
Di Jepang, Vitz tersedia dalam trim level B, F, U, Clavia, dan RS. Clavia adalah model bergaya klasik, sedangkan RS adalah model sporty. Vitz RS hadir dengan grille jaring, body kit, dan interior sporty. Mobil yang sejenis dengan Vitz RS disebut Yaris T-Sport di Eropa, Echo RS di Canada, atau Echo Sportivo di Australia

Generasi Kedua (2005-2010)


Toyota Vitz generasi kedua hadir di Jepang pada tahun 2005, dan dipasarkan di seluruh dunia pada tahun  2006 dengan nama Yaris. Model sport, Yaris RS dengan mesin 2ZR-FE 1.8 liter diluncurkan pada tahun 2007. Vitz atau Yaris dirakit di Jepang, Perancis, dan Thailand.

 Indonesia
Yaris dipasarkan secara resmi di Indonesia mulai tahun 2006 dengan model E dengan transmisi manual dan automatic, serta S and S Limited yang hanya tersedia dengan transmisi automatic. Versi S memiliki body kit and lampu kabut, dan Push button start / stop hanya untuk model S Limited. Semua model menggunakan mesin 1500 cc 1NZ-FE dengan VVT-i yang sama digunakan oleh Toyota vios.
Versi facelift dengan bumper depan, grille, dan lampu belakang baru hadir untuk model tahun 2009. Sebagai tambahan, model dasar yaitu J yang tidak memiliki SRS airbag dipasarkan dengan harga dibawah model E. Model S dengan transmisi manual menggantikan versi lama yang automatic, sedangkan model paling mahal tetap S Limited.

Generasi Ketiga (2010-Sekarang)


Toyota Vitz generasi ketiga diperkenalkan di Jepang pada akhir bulan Desember 2010, dan direncanakan masuk pasar export di tahun 2011. Mesin yang digunakan Vitz di Jepang adalah 1.0, 1.3, dan 1.5 liter bensin. Mesin common rail diesel 1.4 liter tersedia untuk Yaris di Eropa. Trim level untuk Vitz adalah F, U, Jewela, dan RS yang sporty.


Biasanya Toyota yaris  paling keren modifikasi itu gnti pelek dan pasang audio, itu pun udh ad dari pabrik (untuk yaris 2010 TRD Sportivo). pii gambar guw neh adala mobil Toyota Yaris yng di rombak ampe orang g ngenalin kalo ini Toyota Yarizz.
neh fto'e:

2008 Toyota Yaris Club wallpaper image 


2008 Toyota Yaris Club wallpaper image

2008 Toyota Yaris Club wallpaper image