Tahapan pengujian awal Toyota Motor Oil (TMO) dimulai. Menggunakan Toyota Yaris TRD Sportivo ver.2, serangkaian uji coba dilakukan dengan menggunakan alat uji terukur dan disesuaikan dengan kondisi sesungguhnya.
Terdapat dua macam pengujian yang dilakukan. Pengujian pertama adalah uji performa. Alat uji yang digunakan berupa Vericom VC3000 untuk mendapatkan hasil akselerasi 0-100km/jam dan 0-402 meter. Tentu setelah sebelumnya 3,7 liter oli TMO SAE 5W-30 SM GF-4 dimasukkan ke dalam mesin Yaris.
Sedangkan pengujian kedua adalah konsumsi bahan bakar. Pada pengujian ini, mobil uji diharuskan menempuh perjalanan dengan kecepatan rata-rata sekitar 20 km/jam untuk mendapatkan hasil perbandingan bbm dalam kota serta melaju konstan di kisaran 100 km/jam untuk memperoleh hasil konsumsi bbm tol.
Beragam teknologi yang terdapat dalam TMO terbukti sanggup memberikan hasil yang positif. Terdapatnya Actifllm Technology yang diformulasikan khusus oleh Toyota untuk melindungi lapisan antar metal pada mesin serta adanya Smartcells yang berguna untuk mengurangi keausan komponen dan sekaligus mampu meningkatkan performa mesin bukan sekadar isapan jempol.
Dalam uji performa 0-100 km/jam, mobil dengan wheelbase 2.460 mm ini mencatat waktu 11,73 detik serta 18,453 detik untuk pengujian 0-402 meter. Hasil ini menunjukkan bahwa berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya dapat diandalkan untuk menunjang performa mesin.
Sementara pada pengujian konsumsi bahan bakar, oli TMO kembali menunjukkan hasil memuaskan. Untuk rute dalam kota, konsumsi bbm yang dicapai adalah 12,1 km/l. Sedangkan untuk rute tol memiliki hasil 16,7 km/1. Terbukti, dengan menggunakan oli TMO SAE 5W-30 SM GF-4, bahan bakar yang dicapai Yaris cukup irit untuk mobil dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1.5 liter DOHC VVT-i.
Dari hasil pengujian ini menunjukkan bahwa kandungan yang terdapat dalam oli ini begitu sempurna untuk melindungi mesin Toyota Anda. Selain Smart-cells, kandungan lain yang menjadi andalan adalah Detoxan yang merupakan zat pembersih dari sisa pembakaran dan partikel logam di komponen mesin hingga ke sudut terdalam, serta Visco Tech yang memiliki manfaat dalam menstabilkan tingkat kekentalan oli dari perubahan temperatur.
Terdapat juga Defoamant untuk menjaga kecukupan kadar pelumas yang menempel pada dinding silinder mesin serta Oxitnax yang bertugas sebagai penjaga kestabilan pelumas dan mengurangi oksidan.
Dan jangan lupa, pengakuan klasihkasi GF-4 yang hanya didapatkan oleh oli yang lulus uji konsumsi bahan bakar dari ILSAC (International Lubricant Standardization and Approval Committee) menjadi bukti lain keandalan TMO. Dengan menggunakan TMO maka anda ikut menjaga kondisi lingkungan karena ia terbukti mampu menghemat penggunaan bahan bakar.
Sekarang tinggal menunggu hingga 10.000 km. Kami akan perlakukan Yaris layaknya mobil harian. Yaris akan kami bawa berjibaku dengan kemacetan jalan, menempuh jalan luar kota dan kondisi berkendara lainnya. Akankah performa Yaris paling sporty ini bertahan seperti data yang dihasilkan? Atau justru lebih baik? Tunggu pembuktiannya beberapa edisi lagi.