Rabu, 25 Mei 2011

Ide Bagus, Blackbox Mobil

INILAH.COM - Amerika Serikat - Sekarang tidak hanya pesawat terbang yang dipasangi blackbox. Mobil juga perlu.

Tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas Amerika Serikat membuat National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), lembaga keamanan lalu lintas nasional negara itu, merasa perlu menerapkan alat semacam blackbox untuk merekam data.
Alat ini fungsi dan cara kerjanya sama seperti blackbox yang digunakan di pesawat terbang. Tujuan digunakannya alat ini adalah untuk merekam kecepatan mobil, data GPS, penggunaan sabuk pengaman, dan segala informasi yang terjadi di dalam mobil sebelum kecelakaan terjadi.
Selama 2010 saja ada 32.788 kecelakaan lalu lintas parah yang terjadi di Amerika Serikat. Data blackbox ini nantinya akan berguna untuk mengetahui penyebab kecelakaan, apakah karena kesalahan pengemudi, atau karena kerusakan mesin. Penyelidikan penyebab kecelakaan akan lebih mudah dilakukan.
Tapi di Amerika belum ada ketentuan mengenai siapa yang berhak mengakses data hasil rekaman blackbox tersebut. Karena ada risiko alat ini malah disalahgunakan, misalnya digunakan masyarakat umum untuk membuntuti seseorang atau menyelidiki kekasih yang selingkuh. [mor]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar