Rabu, 25 Mei 2011

Sensasi Mercedes-Benz C300: Mantaaap!


Kendati hanya diberi kesempatan mencoba dua hari, kesan yang diperoleh ketika berada di belakang setir C300 dan juga duduk di jok belakang (sebagai penumpang) harus dikatakan “mantaaap!” terutama untuk sekelasnya! Dari dimensi, C300 berkategori kompak, sama dengan Toyota Corolla Altis atau Honda Civic.
Kendati demikian, dari segi harga dan kelas, mobil ini sangat berbeda. Harga C300 dua kali lipat lebih dari Altis, Rp 709 juta. Itu pun dalam kondisi off the road di Jakarta! Penyebabnya, selain kualitas produk, image juga mesin dan transmisi lebih canggih!
Di antara keluarga C-Class, C300 terbaru ini paling top. Mesinnya berkonfigurasi V6 dan berkapasitas 3.000cc dengan tenaga 170 kW (231PS). Hal itu turut diperkuat dengan kehadiran transmisi terbaru yang canggih dan pintar, 7G-Tronic, 7-percepatan. Dua C-Class lain, C200 dan C250, hanya menggunakan mesin 1.796 cc dengan transmisi otomatik 5 percepatan. 
Interior Duduk di jok pengemudi terasa mantap dan nyaman. Untuk menyetel maju-mundur atau ketinggian dan kemiringan sandaran, Anda cukup menekan tombol di bagian dalam-depan pintu. Ruang buat kaki, baik pengemudi, maupun penumpang depan, dinilai cukup, begitu juga buat penumpang belakang. Nyaman!
Mesin dihidupkan dengan memasukkan kunci sekaligus remote ke slot di sebelah kanan batang setir. Spidometer dan takometer dibuat dalam ukuran besar dan mudah dipantau. Pada bagian bawah lingkaran spidometer terdapat indikator digital posisi gigi.
Di kabin, suara dan getaran mesin halus. Interior memang mantap dan dikerjakan secara detail.
Adapun rem parkir yang digunakan bermodel pedal. Letaknya di sisi kaki kiri. Namun, untuk membebaskan kerja rem parkir, Anda harus menarik tuas yang berada di sebelah kanan. Kurang praktis!
Transmisi Tuas transmisi atau pemindah gigi menggunakan pola P-R-N-D dilengkapi tombol manual dan (–) serta (+). Untuk pertama kalinya, dibutuhkan konsentrasi dalam mengoperasikan tongkat pemindah gigi ini. Selain tongkat transmisi, Mercedes-Benz melengkapi pula pemindah gigi manual berupa pedal tangan di sisi kanan-kiri setir. Mudah dicapai!
Dengan pedal tangan, gigi bisa dipindahkan lebih cepat, termasuk pada putaran relatif rendah. Hal ini sangat membantu dalam mengirit konsumsi bahan bakar, terutama saat Anda berada di kemacetan. 
Perpindahan secara manual berlangsung berdasarkan kecepatan. Misalnya, perpindahan gigi dari ke-2 menuju ke-3 berlangsung pada 25 km/jam, ke-3 menuju ke-4 pada 35 km/jam, dan ke-4 menuju ke-5 pada 50 km/jam, begitu seterusnya. Bahkan pada gigi ke-7 ketika mobil meluncur pada kecepatan 70-80 km/jam, putaran mesin 2.000 rpm terasa halus. Jika kecepatan turun dan putaran mesin juga turun, maka gigi pindah secara otomatis ke posisi lebih rendah.
Performa Sprint 0-100 km/jam dalam ditempuh 8,1 detik dengan muatan satu penumpang dan pengemudi plus tangki bensin tiga perempat terisi. Hasil tersebut di bawah klaim Mercedes-Benz, yaitu 7,2 detik.
Akselerasi 80-100 km/jam pada gigi ke-4 dan ke-5 (manual) diperoleh dalam waktu  sama, 3,1 detik! Pasalnya, torsi diperoleh pada putaran 2.500-5.000 rpm (flat torque). Catatan, bensin yang digunakan beroktan 92. (Sebaiknya 95 karena perbandingan kompresi mesin ini 11,3 : 1)
Saat kemampuan digenjot, kecepatan mencapai 240 km/jam. “Masih bisa digenjot lagi. Namun permukaan jalan bergelombang, bahaya,” ujar Sebastian yang melajukan mobil di jalan tol baru antara Puri Kembangan dan Kapuk! Sebagai informasi, Mercedes-Benz mengklaim bahwa kecepatannya bisa mencapai 246 km/jam.
Hebatnya, saat digenjot habis, mobil ini terasa begitu mantap! Stabilitas dan kenyamanannya oke! Kemampuan tersebutlah yang membuat tim uji Kompas.com kagum pada C300.
Fitur: Electronic stability program (ESP) with acceleration skid control (ASR), anti-lock braking system (ABS), brake assist (BAS), avangarde suspension, serta qarning sound saat maju dan mundur (bisa dimatikan).
Perlengkapan: Bi-Xenon headlamp, cornering light function, adaptive brake light, LED third brake light, intelegent light system, daytime driving light.
Entertainment: Harman Kardon Logic 7 Sound System, Bluetooth, radio audio 20 CD changer dan iPod aux.
Spesifikasi
Mesin dan Transmisi
Jumlah silinder
6 segaris
Kapasitas
2.996 cc
Tenaga maks.
170 kW (231PS) @6.000 rpm
Torsi maks.
300 Nm @2.500-5.000
Perbandingan kompresi
11,3 : 1
Transmisi
7G-Tronic
Performa
Akselerasi 0-100 km/jam
7,2
Kecepatan tertinggi
246 km/jam
Konsumsi bahan bakar: kota
7,2 km/liter
tol 13,6 km/liter
Dimensi (mm)
Panjang
4.581
Lebar
1.770 (bodi ke bodi)
Tinggi
1.444
Jarak sumbu roda
2.760
Radius putar
1.084
Berat
1.575 kg
Kapasitas tangki
66 liter, cadangan 8 liter
Roda dan ban depan
7,5Jx17ET47-225/45R17
                belakang 8,5Jx17ET58-245/40R17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar